Penyebab Burung Walet Hanya Putar Mengelilingi RBW Tapi tidak Mau Masuk

Penyebab Burung Walet Hanya Putar Mengelilingi RBW Tapi tidak Mau Masuk

Table of Contents

Anda pasti merasa gemas dan bingung saat melihat burung walet hanya terbang berputar-putar di sekitar rumah burung walet (RBW) Anda tanpa mau masuk ke dalamnya. Padahal, Anda sudah susah payah membangun RBW dengan harapan burung walet akan betah dan bersarang di dalamnya. Lalu mengapa burung walet enggan masuk ke RBW meski terbang bolak-balik di sekitarnya?

Ternyata ada 7 penyebab utama penyebab burung walet hanya putar mengelilingi RBW tapi tidak mau masuk. Mulai dari suhu, sirkulasi udara, hingga sanitasi RBW yang kurang ideal. Nah, jika Anda ingin tahu apa saja 7 penyebabnya beserta solusinya agar burung walet betah masuk dan bersarang di RBW, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

7 Penyebab Burung Walet Hanya Putar Mengelilingi RBW

gedung walet sukses

Burung walet hanya terbang berputar-putar di sekitar rumah burung walet (RBW) tanpa mau masuk ke dalamnya dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini 7 penyebab utama mengapa burung walet enggan masuk dan betah di dalam RBW beserta solusinya.

1. Kelembapan di dalam RBW

Faktor pertama adalah suhu dan kelembapan di dalam RBW yang kurang ideal bagi burung walet. Burung walet membutuhkan suhu sekitar 28-32 derajat Celcius dan kelembapan 70-80% agar merasa nyaman. Jika suhu di RBW atau gedung walet terlalu panas atau dingin dan kelembapannya kurang dari 70%, burung walet akan merasa tidak betah dan enggan masuk ke dalam RBW. Pastikan suhu dan kelembapan di dalam RBW dijaga ideal dengan memasang thermohigrometer dan kipas angin atau pengatur kelembapan udara.

2. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang buruk di dalam RBW juga bisa menyebabkan burung walet tidak nyaman dan enggan masuk. Burung walet sangat membutuhkan aliran udara yang baik untuk bernapas dan terbang dengan leluasa. Pastikan RBW Anda memiliki lubang angin yang cukup banyak agar udara bisa masuk dan keluar dengan lancar. Lubang angin sebaiknya dibuat berhadapan untuk menciptakan ventilasi silang yang baik.

3. RBW Terlalu Padat

Selanjutnya, kepadatan atau ketersediaan ruang di dalam RBW yang kurang memadai juga bisa membuat burung walet tidak betah. Burung walet membutuhkan ruang terbang yang lapang di dalam RBW untuk terbang bolak-balik dengan leluasa. Jika RBW terlalu padat dan penuh dengan sarang sehingga ruang terbangnya sempit, burung walet akan merasa tidak nyaman. Atur jarak antar sarang dan jumlah sarang dalam satu baris atau susunan agar tetap memberi ruang terbang lapang bagi burung walet.

4. Penyebab Kebisingan

Tingkat kebisingan di dalam dan sekitar RBW yang tinggi juga bisa mengganggu kenyamanan burung walet. Burung walet sangat sensitif terhadap suara bising. Pastikan membangun RBW jauh dari sumber kebisingan seperti jalan raya atau pabrik. Jika tidak memungkinkan, gunakan peredam suara di dinding RBW untuk meredam kebisingan dari luar.

5. Pencahayaan

Pencahayaan alami yang kurang di dalam RBW juga berpotensi membuat burung walet enggan masuk. Burung walet membutuhkan paparan sinar matahari untuk kesehatan dan aktivitasnya. Pastikan RBW Anda memiliki jendela atau lubang cahaya yang cukup banyak agar sinar matahari bisa masuk menerangi seluruh bagian dalam RBW.

6. Sanitasi dan kebersihan RBW

Sanitasi dan kebersihan RBW yang buruk dapat menurunkan kenyamanan dan kesehatan burung walet. Pastikan RBW selalu bersih dari kotoran dan sisa makanan burung yang menumpuk. Bersihkan lantai dan dinding secara berkala agar bebas dari lumut dan jamur. Gunakan desinfektan alami seperti kapur sirih untuk mensterilkan RBW.

Baca Juga : Bau Kesukaan Burung Walet yang Dirahasiakan Oleh Peternak

7. Gangguan Predator

yang terakhir , gangguan predator seperti ular atau tikus serta hama seperti kecoa dan semut juga dapat menakuti burung walet. Pastikan konstruksi RBW kedap predator dan lakukan pengendalian hama secara rutin di sekitar RBW.

Itulah 7 penyebab burung walet hanya putar mengelilingi RBW tapi tidak mau masuk, beserta solusinya agar burung walet betah dan nyaman bersarang di RBW Anda. Pastikan suhu dan kelembapan RBW ideal, sirkulasi udaranya lancar, ruang terbangnya lapang, kebisingan rendah, cukup cahaya alami, sanitasi baik, serta bebas predator dan hama.

Baca Juga : Suara yang Ditakuti Burung Walet Perlu Diketahui Peternak

Dengan memperhatikan dan mengatasi 7 faktor penyebab di atas, burung walet akan merasa nyaman dan betah tinggal di dalam RBW. Selain itu, berikan waktu agar burung walet bisa beradaptasi dengan RBW baru Anda. Jangan putus asa jika burung walet tidak langsung mau masuk. Lakukan perbaikan secara bertahap dan pastikan RBW benar-benar ideal bagi kebutuhan burung walet.

Tidak ada jalan instan dalam beternak burung walet. Dibutuhkan ketekunan dan perawatan intensif agar burung walet betah dan berproduksi optimal. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses dengan bisnis burung walet Anda!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
Hello
Ada yang Ingin Ditanyakan?